Selamat Datang | Sugeng Rawuh | Welcome | 어서 오세요 | ようこそ

Beranda

Jumat, 26 Juli 2013

Gunakan CAT, BKN Ciptakan Obyektivitas Tes Kepegawaian

Sebagai metode tes berbasis komputer, Computer Assisted Test (CAT) adalah solusi teruji yang disajikan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam seleksi penerimaan dan penempatan pegawai secara obyektif, transparan, serta jujur. Hal ini dikarenakan masing-masing peserta tes mengerjakan soal ujian yang berbeda dan dapat seketika mengetahui hasilnya setelah pelaksanaan ujian usai. Informasi ini diberikan Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen PNS Aris Windiyanto. Selain itu tes dengan metode ini tepat guna menempatkan pegawai berdasarkan sistem meritokrasi (prestasi).

CAT telah terbukti secara meyakinkan dalam aspek obyektivitas dan transparansi pelaksanaan tes bagi para pesertanya. Hal ini antara lain terbukti dengan pemanfaatan CAT untuk tes Calon Taruna Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) dan Akademi Imigrasi (AIM) yang dilaksanakan pada April dan Mei yang lalu. Selain itu pihak Kenkum HAM juga menggandeng BKN untuk melaksanakan CAT dalam proses promosi dan mutasi bagi para pejabat eselon II dan eselon III di lingkungan Kemenkum HAM melalui kegiatan tes karakteristik pribadi.

Porman Simatupang selaku Kepala Sub Bidang Standardisasi dan Prosedur Rekrutmen pada Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen PNS menjelaskan bahwa cara menjawab dalam metode CAT ini amat mudah, yakni dengan mengklik (memilih) jawaban soal dengan mouse yang disediakan. Dengan demikian, tidak diperlukan lembar jawaban komputer (LJK) dan pensil khusus untuk komputer. “Para peserta mengerjakan 100 soal dalam waktu 60 menit, dengan skor minimal 100 dan nilai maksimal 500.” terangnya. Skor dan hasil tes pun juga dapat langsung diketahui sesaat setelah selesai mengerjakan semua soal yang akan muncul pada layar komputer. Di samping itu, hasil tes tidak dapat diubah-ubah.

Sumber: bkn.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar