Selamat Datang | Sugeng Rawuh | Welcome | 어서 오세요 | ようこそ

Beranda

Selasa, 09 Juli 2013

Sebagian Besar Negara Timur Tengah Tetapkan 1 Ramadhan Hari Rabu

Sebagian besar negara di wilayah Timur Tengah mengumumkan bahwa hari pertama yang menjadi awal dari bulan suci Ramadhan 1434 Hijriah adalah jatuh pada hari Rabu bertepatan dengan tanggal 10 Juli 2013 masehi.

Arab Saudi
Di Arab Saudi, Mahkamah Tinggi menyatakan tidak menerima adanya laporan kesaksian rukyatul hilal pada Senin sore. Sehingga, kerajaan Arab Saudi secara resmi mengumumkan bahwa hari Selasa menjadi penyempurna 30 hari dari bulan Sya’ban. Sementara hari Rabu merupakan awal dari bulan suci Ramadhan 1434 H. Di propinsi Al Hariq dan Hawtah Sudair hilal tidak dapat dilihat, daerah tersebut merupakan daerah yang dikenal sebagai tempat penelitian penampakan hilal di Saudi.

Uni Emirat Arab
Komite Rukyatul Hilal pada Senin 08 Juli 2013 mengumumkan bahwa Ramadhan di Uni Emirat Arab (UEA) akan dimulai pada Rabu 10 Juli 2013. Komite mengeluarkan pengumuman setelah investigasi dan penerapan hukum Syariah, dan membenarkan bahwa Rabu akan menjadi awal Ramadhan. Pengumuman ini pertama dikeluarkan pada pukul 22.10 waktu setempat.

Mesir
Sementara itu, sebagaimana diumumkan Darul Ifta Mesir, bahwa hari Selasa menjadi penyempurna bulan Sya’ban dan hari Rabu menjadi awal Ramadhan 1434 H. Mufti Mesir, Syauqi Alam mengatakan bahwa Komisi Syariah dan Ilmiyah Darul Ifta telah melakukan pengamatan hilal Ramadhan hingga setelah terbenamnya matahari pada hari Senin, namun tidak melihat hilal. Penelitian tersebut juga sesuai dengan rukyat falakiyah. Oleh karena itu, hari Selasa menjadi penyempurna bulan Sya’ban dan hari Rabu menjadi awal Ramadhan pada tahun ini.

Qatar
Komite telah mengumumkan rukyatul hilal melalui Departemen Wakaf dan Urusan Islam di Qatar bahwa hari Selasa menjadi penyempuarnaan terhadap bulan Sya’ban 1434 H dan hari Rabu 10 Juli 2013 menjadi hari pertama bulan suci Ramadhan 1434 H.


Negara Lainnya
Sementara di Yordania, Hakim Ketua pada hari Senin juga mengumumkan melalui televisi, bahwa besok Rabu akan menjadi hari pertama Ramadhan di Kerajaan Yordania. Mufti Palestina Sheikh Mohammed Hussein juga menyatakan bahwa awal bulan Ramadhan akan dimulai Rabu, karena tidak ada bukti penampakan hilal. Sebagian besar astronom dunia sebelumnya juga telah memprediksi bulan suci Ramadhan akan dimulai pada Rabu. Negara-negara lain seperti Kuwait, Oman, Malaysia, Australia, Thailand, dan Singapura juga akan mengawali bulan suci Ramadhan serentak pada hari Rabu.

Sumber: muslimdaily.net; voa-islam.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar